Tuesday 6 May 2014

Materi Tag HTML (DIV, Frame dan Table)

HTML yang merupakan singkatan dari HyperText Markup Language merupakan sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman web dan menampilkan berbagai informasi dalam sebuah browser. HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee, saat masih bekerja untuk CERN. HTML pertama kali dipopulerkan oleh browser Mosaic. Di awal tahun 1990 HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sebelum suatu tag HTML disahkan sebagai  dokumen standar HTML, ia harus disetujui terlebih dahulu oleh World Wide Web Consortium (W3C) untuk dievaluasi secara ketat. Seiring perkembangannya saat ini HTML telah mencapai versi 5 yang biasa dikenal sebagai HTML5. HTML5 ini mengusung beberapa keunggulan yang lebih mumpuni dan disertai dengan fitur-fitur yang lebih dinamis.
Pada ulasan kali ini kita akan membahas beberapa tag dasar yaitu DIV, Iframe dan Table pada HTML5.
1.      DIV
Tag <div> mendefinisikan pembagian atau bagian dalam suatu dokumen HTML. Elemen <div> juga sering digunakan sebagai wadah untuk elemen HTML lainnya agar sesuai dengan CSS atau melakukan tugas tertentu dengan JavaScript.
Berikut ini contoh penggunaan tag <div>.
Contoh (latihan_div.html)

Ouput pada browser


2.      Iframe
Jika pada HTML versi sebelumnya tag ini didefenisikan sebagai tag <frame>, maka pada HTML5 tag ini tidak lagi support dan diganti menjadi tag <iframe>. Tag iframe berupa tag bingkai sebaris yang digunakan untuk menanamkan dokumen lain pada dokumen HTML saat ini. Untuk menghadapi browser yang tidak mendukung <iframe>, tambahkan teks antara tag pembuka <iframe> dan tag penutup </iframe>.
Berikut ini contoh penggunannya.
Contoh (latihan_iframe.html)


Output pada browser



3.      Table
Tag <table> mendefinisikan tabel HTML. Sebuah tabel HTML terdiri dari elemen <table> dan satu atau lebih elemen <tr><th>, dan <td>. Elemen <tr> digunakan untuk mendefinisikan baris tabel, elemen <th> digunakan mendefinisikan header tabel, dan elemen <td> mendefinisikan sel tabel.

Tabel HTML yang lebih kompleks dapat juga menyertakan elemen <caption><col><colgroup><thead><tfoot>, dan <tbody>.

Catatan: Tag Tabel pada HTML tidak boleh digunakan untuk tata letak halaman! Secara historis, beberapa penulis Web telah menyalahgunakan tabel dalam HTML sebagai cara untuk mengontrol tata letak halaman web yang mereka desain. Namun, ada berbagai alternatif untuk menggunakan tabel HTML untuk tata letak, terutama menggunakan CSS.

Contoh (latihan_table.html)

Output pada browser



1 comment: