Wednesday 4 April 2018

Pembahasan Soal Ujian MID Semester Genap TIK Kelas IX SMP - Part 1

1.     Peralatan TIK yang mengirimkan gambar dan suara sehingga kita dapat menyaksikan suatu peristiwa tanpa harus berada ditempat kejadian adalah...
a.      Radio
b.     Televisi
c.      Telepon
d.     Faksimili

Jawaban : B. Televisi
Pembahasan
1)     Radio adalah alat komunikasi yang mengirimkan suara melalui udara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Radio digunakan untuk mengirimkan suara jarak jauh
2)     Telepon adalah peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon. Pada sisi penerima energi listrik tersebut diubah menjadi suara.
3)     Faksmili
Berasal dari kata facsimile artinya menyalin sama persis dengan aslinya. Mesin faks merupakan peralatan telekomunikasi yang digunakan untuk mengirim tulisan dan gambar melalui kabel telepon. Mesin ini menyalin dokumen yang ingin dikirimkan kemudian mengirimkan dokumen ke nomor faks yang ingin dituju


2.     Bagian telepon yang berfungsi sebagai penanda adanya panggilan masuk adalah...
a.      Mekanisme dailing
b.     Transmitter
c.      Receiver
d.     Ringer
Jawaban : D. Ringer
Pembahasan
Telepon terdiri atas 4 bagian utama yaitu :
1)     Mekanisme dailing, mekanisme ini memungkinkan seorang penelpon memasukkan nomor telepon yang dipanggil. Pada umumnya mekanisme dailing terdiri dari keypad yang berjumlah 12 tombol, terdiri dari tomobol 0-9, tombol bintang (*) dan tanda pagar (#)
2)     Transmitter
Disebut juga sebagai mikropon/pemancar yang berfungsi untuk mengubah suara menjadi arus listrik yang kemudian arus listrik tersebut dikirimkan lebih jauh melalui kabel telepon.
Terdapat 2 jenis pemancar yaitu electric transmitter dan carbon transmitter.
3)     Ringer
Berfungsi untuk memberikan sinyal adanya telepon masuk.
4)     Receiver
Disebut juga penerima untuk mengubah arus listrik menjadi suara. Penerima ditempatkan pada bagian telinga digagang telepon


3.     Kemajuan teknologi informasi telah membawa perubahan paradigma dari era konvensional ke era digital, termasuk bidang perpustakaan. Saat ini kita dapat mengakses buku dalam bentuk file secara online menggunakan perangkat elektronik, yang dikenal dengan istilah...
a.      E-learning
b.     E-commerce
c.      E-library
d.     E-banking
Jawaban : C. E-Library
Pembahasan
1)     E-learning : pembelajaran yang dilakukan secara elektronik
2)     E-commerce : perdagangan secara elektronik
3)     E-library : perpustakaan elektronik
4)     E-banking : disebut juga internet banking yang merupakan layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet


4.     Bentuk cybercrime yang dilakukan dengan cara mengakses data kartu kredit orang lain secara ilegal dan menggunakannya untuk transaksi diinternet adalah..
a.      Carding
b.     Phising
c.      Data forgery
d.     Illegal content
Jawaban : A. Carding
Pembahasan
Cybercrime diartikan kejahatan atau tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan sarana komputer (kejahatan dunia maya). Kejahatan dunia maya dikelompokkan menjadi :
1)     Unauthorized access
Kejahatan yang dilakukan dengan cara memasuki komputer/jaringan komputer secara tidak sah atau tanpa izin. Penyusupan dilakukan secara diam-diam dengan memanfaatkan kelemahaan sistem keamanan jaringan komputer yang disusupi. Biasanya penyusupan dilakukan dengan tujuan mencuri informasi penting dan rahasia, sabotase yang pelakunya disebut dengan cracker. Sedangkan jika tujuannya hanya sekedar tertantang untuk menguji kemampuannya dan menguji keandalan sistem keamanan komputer yang disusupi pelakunya disebut hacker.
2)     Illegal content
Kejahatan yang dilakukan dengan memasukkan data/informasi ke internet tentang sesuatu hal yang tidak benar dan tidak sesuai dengan norma dengan tujuan merugikan orang lain atau menimbulkan kekacauan.
3)     Data forgery
Kejahatan yang dilakukan dengan cara memasukkan data-data yang tidak benar
4)     Phising
Bentuk kejahatan yang dirancang untuk mengecoh orang lain agar memberikan data pribadinya ke situs yang disiapkan pelaku. Biasanya situs ini dirancang agar menyerupai situs resmi milik perusahaan tertentu.
5)     Cyber espionage
Kejahatan yang dilakukan dengan memasuki jaringan komputer pihak/negara lain untuk tujuan mata-mata
6)     Offense agains intellectual property
Kejahatan yang dilakukan dengan cara menggunakan hak kekayaan atas intelektual yang dimiliki pihak lain diinternet
7)     Cyber sabotage and extortion
Kejahatan dunia maya yang menimbulkan gangguan, perusakan/penghancuran terhadap data/program/jaringan komputer pihak lain. Kejahatan ini dilakukan dengan memasukkan virus atau program yang bersifat merusak.


5.     Untuk membuka pasar yang sangat luas perusahaan telah banyak memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi guna mempromosikan produknya yang dikenal dengan..
a.      ATM
b.     Internet Banking
c.      Electronic learning
d.     Electronic commerce
Jawaban : D. Electronic commerce



6.     Kevin sedang bermain game dikomputer, tiba-tiba komputernya hang. Kevin menekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + del pada keyboard, kemudian mengklik tombol Restart. Kegiatan ini dikenal dengan istilah...
a.      Cold booting
b.     Warm booting
c.      Soft booting
d.     Hard booting
Jawaban : B. Warm booting
Pembahasan
1)     Cold Booting adalah proses menghidupkan komputer pada saat komputer dalam keadaan mati ataupun (dingin)
2)     Warm Booting adalah proses penghidupan komputer (kembali) dimana pada saat komputer tersebut dalam keadaan hidup (panas) atau disebut bahasa lainnya melakukan reboot atau restart pada komputer tersebut.


7.     Rosi membuat video pembelajaran langkah-langkah mematikan komputer. Agar lebih menarik rosi memasukkan suara ke video yang dibuatnya. Perangkat input yang digunakan untuk merekam suara tersebut adalah..
a.      Microphone
b.     Joystick
c.      Speaker
d.     Touchpad
Jawaban : A. Microphone
Pembahasan
Perangkat input adalah perangkat komputer yang digunakan untuk memasukkan perintah dan data yang akan diproses oleh program atau komputer. Contohnya
1)     Keyboard, merupakan seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media masukan bagi komputer.
2)     Mouse, alat ini digunakan untuk menjelajahi program, memilih perintah dan menjalankan sebuah perintah
3)     Touchpad, pointing stick dan trackball
Peralatan input yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse. Peralatan ini biasa digunakan sebagai mouse dikomputer laptop dan notebook.
4)     Joystick
Peralatan yang digunakan untuk menjalankan program game dikomputer.
5)     Scanner
Digunakan untuk memindai foto atau gambar yang sudah dicetak. Hasil dari proses scanning tersebut kita akan mendapatkan sebuah file gambar.
6)     Peraltan multimedia
Beberapa peralatan multimedia yang dapat dihubungkan dengan komputer adalah mikropon (suara), kamera (gambar), video (gambar bergerak dan suara).

Perangkat output adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menampilkan atau menyampaikan informasi kepada pengguna. Contohnya :
1)     Monitor, alat keluaran yang memberikan tampilan visual kepada pengguna komputer
2)     Printer, perangkat output yang digunakan untuk menghasilkan cetakan dari komputer  ke dalam bentuk kertas
3)     Speaker, perangkat output untuk menghasilkan suara.


8.     Memori komputer yang berfungsi menyimpan data sementara pada saat sebuah program dijalankan adalah...
a.      ROM
b.     RAM
c.      ALU
d.     CU
Jawaban : B. RAM
Pembahasan
1)     CPU (Central Processing Unit)
Disebut sebagai otak komputer/microprocessor atau processor yang merupakan pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer. CPU mempunyai dua bagian penting yaitu ALU (Arithmetical Logical Unit) yang berfungsi sebagai pusat pengolah data seperti perhitungan matematika dan CU (Control Unit) yang berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer atau mengatur urutan proses – proses yang dilakukan komputer.
2)     Memori
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum dan sesudah diproses oleh processor.
Memori terbagi menjadi dua yaitu memori internal yang disebut dengan RAM (Random Access Memory) dan memori internal yang disebut dengan ROM (Read Only Memory).
-         RAM
Adalah memori yang berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan.
-         ROM
Digunakan untuk menyimpan perintah dan data secara tetap. Misalnya perintah-perintah dijalankan pada saat komputer pertama kali dihidupkan, perintah tersebut diisikan oleh pabrik komputer pada saat komputer dibuat.


9.     Perhatikan data berikut!
1.     Printer
2.     Scanner
3.     Monitor
4.     Speaker
Berdasarkan data diatas, yang termasuk perangkat output komputer adalah...
a.      1,2,3
b.     1,2,4
c.      1,3,4
d.     2,3,4
Jawaban : C. 1,3,4


10. Perangkat lunak pengolah kata adalah aplikasi yang digunakan untuk membuat dokumen di komputer. Contoh dokumen yang dapat dibuat adalah...
a.      Laporan keuangan koperasi
b.     Video pembelajaran
c.      Animasi interaktif
d.     Surat dinas
Jawaban : D. Surat dinas


This entry was posted in

0 comments:

Post a Comment