Saturday 19 October 2013

Apa itu InfiniBand?

InfiniBand adalah jenis link komunikasi untuk aliran data antara prosesor dan perangkat I / O yang menawarkan throughput hingga 2,5 gigabyte per detik dan mendukung hingga 64.000 perangkat  yang  dialamatkan. Karena mendukung kualitas layanan ( QoS ) dan failover , InfiniBand sering digunakan sebagai server penghubung dalam lingkungan komputasi kinerja tinggi ( HPC ).

Sistem aliran data internal dalam kebanyakan PC dan sistem server sangat  fleksibel dan relatif lambat . Yang mana jumlah data yang masuk dan mengalir di antara komponen dalam komputer meningkat , sehingga terdapat hambatan pada sistem bus yang ada. Yang alih-alih mengirimkan data secara paralel ( biasanya 32 bit pada satu waktu , tetapi dalam beberapa komputer 64 bit ) di bus backplane ,  InfiniBand menetapkan ( bit - at-a -time ) serial bus . Pin yang lebih sedikit dan sambungan listrik lainnya yang diperlukan juga sedikit , sehingga dapat menghemat biaya produksi dan meningkatkan kehandalan . Serial bus dapat membawa beberapa saluran data pada saat yang sama dalam sinyal multiplexing . InfiniBand juga mendukung beberapa daerah memori , yang masing-masing dapat ditangani oleh kedua prosesor dan perangkat penyimpanan .

The InfiniBand Trade Association memandang bus itu sendiri sebagai saklar karena mengontrol informasi  dengan  menentukan rute pesan yang diberikan hingga  sampai ke alamat tujuan. InfiniBand menggunakan Internet Protocol Version 6 ( IPv6 ) , yang memungkinkan jumlah yang hampir tak terbatas pada ekspansi perangkat .

Dengan InfiniBand , data ditransmisikan dalam paket yang bersama-sama membentuk komunikasi yang disebut pesan . Sebuah pesan dapat menjadi  remote direct memory access  ( RDMA ) operasi membaca atau menulis , saluran mengirim atau menerima pesan , operasi transaksi berbasis reversibel atau transmisi multicast . Setiap prosesor ( PC atau server data center , misalnya) memiliki apa yang disebut Host Channel Adapter ( HCA ) dan masing-masing perangkat periferal memiliki Target Channel Adapter  ( TCA ).  Adapter ini berpotensi untuk bertukar informasi yang menjamin keamanan atau kualitas kerja  yang diberikan oleh  Quality of Service level.

Spesifikasi InfiniBand dikembangkan oleh penggabungan dua desain yang saling bersaing ,  Future I / O , yang dikembangkan oleh Compaq , IBM , dan Hewlett - Packard , dengan Generasi I / O , yang dikembangkan oleh Intel , Microsoft , dan Sun Microsystems .

.: Pengertian Throughput

Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file.
Bagaimana cara mengukur bandwidth? Dan bagaimana hubungannya dengan throughput? Seperti telah diulas di atas, bandwidth adalah jumlah bit yang dapat dikirimkan dalam satu detik. Berikut adalah rumus dari bandwidth:
bandwidth = Σbits / s
Sedangkan throughput walau pun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth, tetapi throughput lebih pada menggambarkan bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan
internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu. Berikut adalah formula pembanding throughput dengan bandwidth:
waktu _ download _ terbaik = ukuran _ file / bandwidth
waktu _ download _ typical = ukuran _ file / throughput
Dengan hanya mempergunakan bandwidth sebagai patokan, Joko Lelono menganggap harusnya fileyang akan didownloadnya yang berukuran 64 kb seharusnya bisa didownload dalam waktu sekedip mata atau satu detik, tetapi setelah diukur ternyata memerlukan waktu 4 detik. Jadi jika ukuran file yang didownload adalah 64 kb, sedangkan waktu downloadnya adalah 4 detik, maka bandwidth yangsebenarnya atau bisa kita sebut sebagai throughput adalah 64 kb / 4 detik = 16 kbps.

.: Pengertian QoS

Quality of Service adalah kemampuan untuk memberikan prioritas yang berbeda untuk berbagai aplikasi, pengguna, atau aliran data, atau untuk menjamin tingkat tertentu kinerja ke aliran data.
Misalnya, diperlukan sedikit menilai, keterlambatan, naik opelet, probabilitas dropping paket dan / atau sedikit kesalahan menilai mungkin dilakukan. Menjamin kualitas layanan merupakan hal penting jika kapasitas jaringan yang memadai, terutama untuk aplikasi real-time streaming multimedia seperti VoIP, game online dan IP-TV, karena ini sering memerlukan kecepatan tetap dan peka terhadap penundaan (delay), dan dalam jaringan di mana kapasitas adalah sumber daya terbatas, misalnya dalam komunikasi data selular. Pada jaringan yang tidak terdapat kongesti / tabrakan, mekanisme QoS  tidak diperlukan.




Source :  

2 comments: