DASAR-DASAR DAN ATURAN
A. MATERI
1) Penulisan komentar
Dalam bahasa pemrograman manapun selalu ada fitur
komentar. Java sendiri memiliki sintaks yang sangat mirip dengan C dan C++,
dengan tambahan yang sangat istimewa yaitu komentar yang nantinya digunakan
untuk menciptakan dokumentasi secara otomatis oleh suatu aplikasi yang
disebut javadoc.
Dalam Java ada
3 sintaks komentar:
-
komentar untuk satu baris saja, yaitu yang dimulai dengan tanda // sampai
dengan akhir baris;
-
komentar untuk beberapa baris, yaitu yang dimulai dengan
tanda /* dan diakhiri dengan tanda */;
-
komentar khusus untuk membuat dokumentasi program, yaitu yang
dimulai dengan tanda /** dan diakhiri dengan tanda */.
Contoh
:
/**
* Class for displaying message to standard output
*/
public class Diplayer
{
/**
* This method is the main method. It will display the message
* to the standard output
*/
public static void main (String[] args)
{
/* First we declare the mesg variable and assign a value
into it, then we print out the String into standard
output */
// variable declaration
String mesg = “Program ini berhasil!”;
// display the String variable
System.out.println(mesg);
}
}
* Class for displaying message to standard output
*/
public class Diplayer
{
/**
* This method is the main method. It will display the message
* to the standard output
*/
public static void main (String[] args)
{
/* First we declare the mesg variable and assign a value
into it, then we print out the String into standard
output */
// variable declaration
String mesg = “Program ini berhasil!”;
// display the String variable
System.out.println(mesg);
}
}
2) Variabel atau Identifiers
Variabel adalah item yang digunakan data untuk
menyimpan pernyataan objek. Variabel memiliki tipe data dan nama. Tipe data
menandakan tipe nilai yang dapat dibentuk oleh variabel itu sendiri. Nama
variabel harus mengikuti aturan untuk identifier.
Untuk deklarasi variabel adalahsebagai berikut,
Java memiliki
tiga jenis variabel, yaitu :
a.
Variabel instans adalah variabel
yang digunakan sebagai atribut dari sebuah objek. Instans adalah objek yang
diciptakan dari sebuah kelas.
b.
Variabel kelas adalah variabel
yang digunakan sebagai atribut dari sebuah kelas.
c.
Variabel lokal adalah variabel yang didefinisikan dan digunakan hanya dalam sebuah
metode.
Contoh :
public static void main (String[] args)
{
int x; // deklarasi variable biasa
int y, z; // deklarasi dua variabel bertipe sama sekaligus
boolean isRunning = true;
// deklarasi sekaligus assignment nilai
int a = 3, b = 4; // deklarasi sekaligus assignment nilai
int c, d = 6; // deklarasi dan assignment variabel kedua
}
3) Kata-kata kunci
Kata-kunci (keywords) dari sebuah bahasa pemrograman
adalah kata-kata yang didefinisikan secara khusus yang hanya dimengerti oleh
compiler bahasa pemrograman tersebut, dan tidak dapat digunakan sebagai
identitas variabel.
Catatan: true, false, dan null
bukan termasuk kata kunci akan tetapi mereka termasuk kata-kata khusus, jadi
Anda tidak dapat menggunakan mereka sebagai nama variable.
4) Tipe data primitif
Bahasa Java mempunyai delapan tipe primitif yang
ditunjukkan dalam tabel di bawah ini :
Tabel 2. Tipe Data
Primitif
5) Operator
Operator adalah suatu simbol atau tanda
yang digunakan untuk mengoperasikan dua value atau lebih. Berikut ini beberapa
jenis operator yang dikenal dalam bahasa java.
a.
Operator Aritmatika
Simbol
Operator
|
Keterangan
|
+
|
Penjumlahan
|
-
|
Pengurangan
|
*
|
Perkalian
|
/
|
Pembagian
|
%
|
Modulus (sisa bagi)
|
b.
Operator Logika
Simbol
Operator
|
Keterangan
|
&
|
Logika AND
|
|
|
Logika OR
|
^
|
Logika XOR
|
!
|
Logika NOT
|
c.
Operator Increment/Decrement
Simbol
Operator
|
Keterangan
|
++
|
Value bertambah 1
|
--
|
Value berkurang 1
|
d.
Operator Relational
Simbol
Operator
|
Keterangan
|
<
|
Lebih kevil dari
|
>
|
Lebih besar dari
|
>=
|
Lebih besar atau sama dengan dari
|
<=
|
Lebih kecil atau sama dengan dari
|
==
|
Sama dengan
|
!=
|
Tidak sama dengan
|
e.
Operator majemuk
Simbol
Operator
|
Keterangan
|
+=
|
Contoh: a +=2, ekuivalen dengan a = a + 2
|
-=
|
Contoh: a -=2, ekuivalen dengan a = a - 2
|
*=
|
Contoh: a *=2, ekuivalen dengan a = a * 2
|
/=
|
Contoh: a /=2, ekuivalen dengan a = a / 2
|
%=
|
Contoh: a %=2, ekuivalen dengan a = a % 2
|
6) Pengambilan keputusan / Kontrol Pemilihan
Struktur kontrol pemilihan adalah pernyataan dari Java
yang mengijinkan user untuk memilih dan mengeksekusi blok kode spesifik dan
mengabaikan blok kode yang lain.
a)
Statement If
Pernyataan if akan menentukan sebuah pernyataan (atau blok kode) yang akan eksekusi
jika dan hanya jika persyaratan bernilai benar (true). Bentuk dari
pernyataan if,
if(boolean_expression)
statement;
|
if(boolean_expression)
{
statement1;
statement2;
}
|
b)
Statement If-else
Pernyataan if-else digunakan apabila kita ingin mengeksekusi
beberapa pernyataan dengan kondisi true dan pernyataan yang lain dengan kondisi
false.
Bentuk statement if-else,
if(boolean_expression)
statement1;
else
statement2;
c)
Statement If-else-if
Pernyataan pada bagian kondisi else dari blok if-else
dapat menjadi struktur if-else yang lain. Kondisi struktur seperti
ini mengijinkan kita untuk membuat seleksi persyaratan yang lebih kompleks. Bentuk statement if-else
if,
if(boolean_expression1)
statement1;
elseif(boolean_expression1)
statement2;
else
statement3;
d)
Statement Switch
Struktur penulisan statement switch adalah sebagai
berikut.
switch(expression)
{
case
variabel1: statement;
statement;
break;
case
variabel2: statement;
statement;
break;
default : statement;
statement;
break;
}
7) Perulangan
Struktur kontrol pengulangan adalah berupa pernyataan
dari Java yang mengijinkan kita untuk mengeksekusi blok code berulang-ulang
sesuai dengan jumlah tertentu yang diinginkan. Ada tiga macamj enis dari
struktur kontrol pengulangan yaitu while, do- while,dan for-loops.
a)
While
Pernyataan whileloop adalah pernyataan atau
blok pernyataan yang diulang - ulang sampai mencapai kondisi yang cocok.
Pernyataan di dalam whileloop akan di eksekusi berulang-ulang selama
kondisi boolean_expression bernilai benar (true). Bentuk pernyataan while,
while(boolean_expression)
{
statement1;
statement2;
}
b)
Do-while
Do-whileloop mirip dengan while-loop. Pernyataan di dalam do-whileloop akan dieksekusi beberapa kali selama kondisi bernilai benar(true). Perbedaan antara while dan do-whileloop adalah dimana pernyataan didalam do-while loop akan dieksekusi sedikitnya satu kali.
do
{
statement1;
statement2; ...
}while(boolean_expression);
c)
For
Pernyataan forloop memiliki kondisi hamper mirip seperti struktur pengulangan sebelumnya yaitu melakukan pengulangan untuk mengeksekusi kode yang sama sebanyak jumlah yang telah ditentukan. Bentuk dari for
loop,
for(ekspresi awal; syarat ;ekspresi akhir)
{
statement1;
statement2;
...
}
B. PRAKTIKUM
1) Program java untuk menyimpan beberapa tipe data
Adapun langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.
Klik New Project.
2.
Pilih Java
pada Categories dan Java Application
pada Projects.
3.
Isi nama projects dengan Lat1_tipedata
4.
Kemudian tulis code berikut.
package lat1_tipedata;
public class Lat1_tipedata {
public static
void main(String[] args) {
//deklarasi
variabel dan tipe datanya
int
gajiPokok;
float
potonganGaji, gajiBersih;
String
namaKaryawan, kodeKaryawan;
char
golDarah;
//assigment
nilai pada setiap variabel
kodeKaryawan = "K00001";
namaKaryawan = "Aril Jumadi";
golDarah = 'A';
gajiPokok = 3000000;
potonganGaji = (float) 0.2;
gajiBersih = gajiPokok -
(potonganGaji * gajiPokok);
//tampilan
output
System.out.println("KODE KARYAWAN
:" +kodeKaryawan);
System.out.println("NAMA KARYAWAN
:" +namaKaryawan);
System.out.println("GOL DARAH
:" +golDarah);
System.out.println("GAJI POKOK
:Rp. " +gajiPokok);
System.out.println("GAJI BERSIH
:Rp. " +gajiBersih);
}
}
5.
Output dari program seperti gambar dibawah ini.
2) Program java operator aritmatika
Adapun langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.
Klik New Project.
2.
Pilih Java
pada Categories dan Java Application
pada Projects.
3.
Isi nama project dengan Lat2_operatorAritmatika
4.
Kemudian tulis code berikut.
package
lat2_operatoraritmatika;
public class
Lat2_operatorAritmatika {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
int i = 21;
int j = 38;
double x = 9.123;
double y = 12.78;
//cetak nilai variabel
System.out.println("Nilai
Variabel");
System.out.println(" i = " + i);
System.out.println(" j = " + j);
System.out.println(" x = " + x);
System.out.println(" y = " + y);
//penjumlahan
System.out.println("Penjumlahan");
System.out.println(" i+j = " + (i+j));
System.out.println(" x+y = " + (x+y));
//pengurangan
System.out.println("Pengurangan");
System.out.println(" i-j = " + (i-j));
System.out.println(" x-y = " + (x-y));
//perkalian
System.out.println("perkalian");
System.out.println(" i*j = " + (i*j));
System.out.println(" x*y = " + (x*y));
//pembagian
System.out.println("pembagian");
System.out.println(" i/j = " + (i/j));
System.out.println(" x/y = " + (x/y));
//sisa hasil bagi
System.out.println("sisa hasil
bagi");
System.out.println(" i%j = " + (i%j));
System.out.println(" x%y = " + (x%y));
//increment
System.out.println("Increment");
System.out.println(" i++ = " + (i++));
System.out.println(" ++i = " + (++i));
System.out.println(" j++ + i= " + (j++ + i));
System.out.println(" ++j = " + (++j + i));
}
}
5.
Output dari program seperti gambar dibawah ini.
3) Program java operator relational
Adapun langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.
Klik New Project.
2.
Pilih Java
pada Categories dan Java Application
pada Projects.
3.
Isi nama project dengan Lat3_operatorRelational
4.
Kemudian tulis code berikut.
public class Lat2_operatorRelational
{
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
int i = 21;
int j = 16;
int k = 16;
//cetak nilai variabel
System.out.println("Nilai
Variabel");
System.out.println(" i = " + i);
System.out.println(" j = " + j);
System.out.println(" k = " + k);
//lebih besar dari
System.out.println("Lebih besar
dari");
System.out.println(" i>j = " + (i>j));
System.out.println(" j>i = " + (j>i));
System.out.println(" k>j = " + (k>j));
//lebih besar atau sama dengan
System.out.println("Lebih besar
atau sama dengan");
System.out.println(" i>=j = " + (i>=j));
System.out.println(" j>=i = " + (j>=i));
System.out.println(" k>=j = " + (k>=j));
//lebih kecil dari
System.out.println("Lebih kecil
dari");
System.out.println(" i
System.out.println(" j
System.out.println(" k
//lebih kecil atau sama dengan
System.out.println("Lebih kecil
atau sama dengan");
System.out.println(" i<=j = " + (i<=j));
System.out.println(" j<=i = " + (j<=i));
System.out.println(" k<=j = " + (k<=j));
//sama dengan
System.out.println("Sama
dengan");
System.out.println(" i==j = " + (i==j));
System.out.println(" k==j = " + (k==j));
//tidak sama dengan
System.out.println("Sama
dengan");
System.out.println(" i!=j = " + (i!=j));
System.out.println(" k!=j = " + (k!=j));
}
}
5.
Output dari program seperti gambar dibawah ini.
4) Program java Pengambilan Keputusan / Kontrol
Pemilihan
a) Penggunaan If
Adapun langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.
Klik New Project.
2.
Pilih Java pada Categories dan Java Application pada
Projects.
3.
Isi nama project dengan Lat4_penggunaanIf
4.
Kemudian tulis code berikut.
package lat4_penggunaanif;
public class
Lat4_penggunaanIf {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
int grade = 68;
if( grade > 60 ){
System.out.println("Congratulations!");
System.out.println("You
passed!");
}
}
}
5.
Output dari program seperti gambar dibawah ini.
b) Penggunaan If-Else
Adapun langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.
Klik New Project.
2.
Pilih Java pada Categories dan Java Application pada
Projects.
3.
Isi nama project dengan Lat5_penggunaanIfelse
4.
Kemudian tulis code berikut.
public class
Lat5_penggunaanIfelse {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
int grade = 68;
if( grade > 60 ){
System.out.println("Congratulations!");
System.out.println("You
passed!");
}
else{
System.out.println("Sorry you
failed");
}
}
}
5.
Output dari program seperti gambar dibawah ini.
c) Program Java Penggunaan If-else-if
Adapun langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.
Klik New Project.
2.
Pilih Java pada Categories dan Java Application pada
Projects.
3.
Isi nama project dengan Lat6_penggunaanIfelseif
4.
Kemudian tulis code berikut.
public class
Lat6_penggunaanIfelseif {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
int grade = 68;
if( grade > 90 ){
System.out.println("Very good!");
}
else if( grade > 60 ){
System.out.println("Very
good!");
}
else{
System.out.println("Sorry you
failed");
}
}
}
5.
Output dari program seperti gambar dibawah ini.
d) Program java penggunaan switch
Adapun langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.
Klik New Project.
2.
Pilih Java pada Categories dan Java Application pada
Projects.
3.
Isi nama project dengan Lat7_penggunaanSwitch
4.
Kemudian tulis code berikut.
public class
Lat7_penggunaanSwitch {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
int grade = 92;
switch(grade){
case 100:
System.out.println(
"Excellent!" );
break;
case 90:
System.out.println("Good
job!" );
break;
case 80:
System.out.println("Study
harder!" );
break;
default:
System.out.println("Sorry, you
failed.");
}
}
}
5.
Output dari program seperti gambar dibawah ini.
5) Program java Perulangan
a) Penggunaan while loop
Adapun langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.
Klik New Project.
2.
Pilih Java pada Categories dan Java Application pada
Projects.
3.
Isi nama project dengan Lat8_penggunaanWhile
4.
Kemudian tulis code berikut.
public class
Lat8_penggunaanWhile {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
int x = 0;
while (x<10 o:p="">10>
{
System.out.println(x);
x++;
}
}
}
5.
Output dari program seperti gambar dibawah ini.
b) Penggunaan while loop
Adapun langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.
Klik New Project.
2.
Pilih Java pada Categories dan Java Application pada
Projects.
3.
Isi nama project dengan Lat9_penggunaanDowhile
4.
Kemudian tulis code berikut.
public class Lat9_penggunaanDowhile
{
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
int x = 0;
do
{
System.out.println(x);
x++;
}while (x<10 o:p="">10>
}
}
5.
Output dari program seperti gambar dibawah ini.
c) Penggunaan For
Adapun langkah-langkahnya sebagai
berikut:
1.
Klik New Project.
2.
Pilih Java pada Categories dan Java Application pada
Projects.
3.
Isi nama project dengan Lat10_penggunaanFor
4.
Kemudian tulis code berikut.
public class
Lat10_penggunaanFor {
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
int i;
for( i = 0; i < 10; i++ ){
System.out.print(i);
}
}
}
5.
Output dari program seperti gambar dibawah ini.
wagalasehh....oke banget gan
ReplyDeleteSolder uap