Friday 13 September 2013

Pengenalan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

a. Pengertian Jaringan Komputer 

        Komputer adalah Suatu alat Elektronik atau seperangkat alat elektronik yang bisa menerima Input, melakukan Proses dan menghasilakan Output. sedangkan Jaringan Komputer adalah  sekumpulan perangkat yang dapat   digunakan untuk menyimpan dan manipulasi data elektronis dan pesan-pesan, saling terkait satu dengan  lainnya di mana dengan cara tersebut pengguna dapat menyimpan,menggali dan saling berbagi-pakai terhadap informasi yang tersedia.

 b. Pengertian Komunikasi Data

     Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet. Dasar dari Komunikasi data pada komputer adalah bilangan biner.

c. Komponen Utama Dari Jaringan Komputer

      a. Komputer
           Sangat di dibutuhkan dalam Membangun Jaringan. 

      b. NIC (Network Interface Card)
           Kartu jaringan adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. 

          NIC dengan kecepatan 10 Mbps disebut  Ethernet, 100 Mbps dinamakan Fast ENthernet, 1000 Mbps dinamakan Giga bit dan 10.000 Mbps dinamakan dengan 10g bit


      c. Media Transmisi
          Media yang digunakan sebagai penghubung antara pengirim dan penerima, unutk melintaskan isyarat. Media ini dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu media berkabel (wired) dan media tak berkabel (wireless).

      d. Network Device
          Yang termasuk di dalam network device ini adalah alat-alat yang berperan di dalam jaringan. Contohnya: access point, router, switch, hub, dll. 

      e. NOS (Network Operating System)

          Untuk membangun sebuah jaringan, maka dibutuhkan sebuah PC yang telah diinstal sistem operasi jaringan di dalamnya, misalnya Windows 2000, Windows NT, Novell Netware, Linux, dll.
Sumber :

0 comments:

Post a Comment