Saturday 10 November 2018

Membuat Daftar Isi Otomatis Pada Microsoft Word


Salam sahabat Meldiya, kali ini saya akan berbagi tutorial “Membuat Daftar Isi Otomatis Pada Microsoft Word”. Tutorial ini sangat bermanfaat bagi sahabat semua yang sedang skripsian, tugas makalah maupun sedang dalam pengerjaan karya ilmiah. Dalam proses pembukuan biasanya daftar isi tak pernah luput dalam dokumen sahabat. Nah, jika dokumennya hanya hitungan lembar mungkin tidak akan repot untuk membuat daftar isinya, lalu bagaimana jika dokumen sahabat mencapai ratusan lembar? Pasti akan kewalahan membuat daftar isi secara manual. Belum lagi jika terdapat penambahan artikel disana sini yang tentunya akan merubah nomor halaman.

Untuk itu mari ikuti tutorial sederhana saya berikut ini. Sebelum lanjut, ingat “Daftar Isi Otomatis” ini hanya bisa kita gunakan jika semua dokumen dalam satu file, artinya tidak terpisah-pisah. Misalnya Kata Pengantar dan Bab I Pendahuluan filenya berbeda, Nah itu tidak bisa ya. Jadi harus digabung. Lanjut…
1.        Siapkan dokumen sederhana untuk permulaan dengan aturan seperti gambar dibawah ini.


File seperti gambar diatas semua disimpan dalam satu file dengan nama LatihanDaftarIsi.
2.       Berilah nomor halaman pada dokumen. Pilih Ribbon Insert -> Page Number
Untuk kali ini kita memakai jenis penomoran Bottom Of Page dengan pilihan Plain Number 2.
jika penomoran berhasil maka dokumen kita akan otomatis ternomori seperti gambar dibawah ini.

3.       Langkah selanjutnya adalah menjadikan setiap judul dan sub judul yang akan masuk dalam Daftar isi kedalam Table of Content. Bingung??
4.       Baiklah kita mulai terlebih dahulu dari halaman Daftar Isi, blok kata Daftar Isi kemudian pilih Ribbon References -> Add Text -> Pilih Level 1

Maka otomatis Kata Daftar Isi telah terindex dan posisinya yang semula “Center” berpindah ke sisi Kiri/Left. Anda bisa memindahkan kembali posisi tersebut dengan memilih pengaturan Center.
Biasanya kata yang telah terindex akan otomatis berubah warna menjadi biru, dan warna inipun bisa anda ubah ke warna yang anda inginkan. Hal itu tidak akan berpengaruh pada pengaturan yang telah dilakukan pada Add Text sebelumnya.
5.       Lakukan hal yang sama pada Kata Pengantar.
6.       Langkah berikutnya kita akan memberi index pada halaman 3. Perhatikan tingkatan level dibawah ini.
Berilah Add Text pada masing-masing judul dan sub judul pada halaman 3 tersebut dengan Level sesuai dengan ketentuan pada gambar.
7.       Langkah berikutnya kita akan memberi index pada halaman 4. Perhatikan tingkatan level dibawah ini.

Berilah Add Text pada masing-masing judul dan sub judul pada halaman 4 tersebut dengan Level sesuai dengan ketentuan pada gambar.

8.       Jika telah selesai, untuk melihat hasilnya silahkan kembali ke halaman 1 Daftar Isi. Pada halaman tersebut klik Table Of Contents -> Automatic Table 1

9.       Taraaaaaa….. ini hasilnya.

10.   Nah bagaimana jika seandainya :
-          Kita menambahkan materi pada tiap-tiap halaman yang merubah nomor halaman sementara daftar isi sudah kita buat
-          Kita ingin menambahkan sub judul baru pada halaman 4

Untuk menjawab pertanyaan itu kita dapat menggunakan fitur Update Table pada Daftar Isi tersebut. Jika kita klik Update Table maka akan ada 2 opsi yang tersedia.
Opsi pertama kita gunakan jika kita ingin mengupdate nomor halaman saja pada masing-masing index. Sedangkan opsi kedua kita gunakan jika kita ingin merubah seluruh konten table. Nah, untuk opsi kedua akan kita coba lakukan pada langkah ke 11.
11.   Tambahlah sub judul pada halaman 4 sesuai gambar dibawah ini.
12.   Add Text kalimat Manfaat Sistem Informasi dengan Level 3 jika belum terindex. Namun, biasanya jika sebelumnya sub judul sudah terindex maka turunan sub judul selanjutnya akan otomatis terindex.
13.   Kemudian kembali lagi pada halaman Daftar Isi lakukan Update Table dengan memilih opsi Update Entire Table.

Taraaaa… ini hasil updatenya

Mudah bukan…..???
Selamat belajar.

Baca juga  MEMBERI NOMOR HALAMAN PADA MS. WORD

0 comments:

Post a Comment