Salam sahabat
Meldiya, kali ini saya akan berbagi tutorial “Membuat Daftar Isi Otomatis Pada
Microsoft Word”. Tutorial ini sangat bermanfaat bagi sahabat semua yang sedang
skripsian, tugas makalah maupun sedang dalam pengerjaan karya ilmiah. Dalam proses
pembukuan biasanya daftar isi tak pernah luput dalam dokumen sahabat. Nah, jika
dokumennya hanya hitungan lembar mungkin tidak akan repot untuk membuat daftar
isinya, lalu bagaimana jika dokumen sahabat mencapai ratusan lembar? Pasti akan
kewalahan membuat daftar isi secara manual. Belum lagi jika terdapat penambahan
artikel disana sini yang tentunya akan merubah nomor halaman.
Untuk itu mari
ikuti tutorial sederhana saya berikut ini. Sebelum lanjut, ingat “Daftar Isi
Otomatis” ini hanya bisa kita gunakan jika semua dokumen dalam satu file,
artinya tidak terpisah-pisah. Misalnya Kata Pengantar dan Bab I Pendahuluan
filenya berbeda, Nah itu tidak bisa ya. Jadi harus digabung. Lanjut…
1.
Siapkan dokumen
sederhana untuk permulaan dengan aturan seperti gambar dibawah ini.
File seperti gambar diatas semua disimpan dalam satu
file dengan nama LatihanDaftarIsi.
2.
Berilah nomor halaman pada dokumen. Pilih Ribbon
Insert -> Page Number
Untuk kali ini kita memakai jenis penomoran Bottom Of Page dengan pilihan Plain Number 2.
jika penomoran berhasil maka dokumen kita akan
otomatis ternomori seperti gambar dibawah ini.
3.
Langkah selanjutnya adalah menjadikan setiap
judul dan sub judul yang akan masuk dalam Daftar isi kedalam Table of Content. Bingung??
4.
Baiklah kita mulai terlebih dahulu dari halaman Daftar Isi, blok kata Daftar Isi kemudian pilih Ribbon References -> Add Text -> Pilih Level
1
Maka otomatis Kata Daftar Isi telah terindex dan
posisinya yang semula “Center” berpindah ke sisi Kiri/Left. Anda bisa
memindahkan kembali posisi tersebut dengan memilih pengaturan Center.
Biasanya kata yang telah terindex akan otomatis
berubah warna menjadi biru, dan warna inipun bisa anda ubah ke warna yang anda
inginkan. Hal itu tidak akan berpengaruh pada pengaturan yang telah dilakukan
pada Add Text sebelumnya.
5.
Lakukan hal yang sama pada Kata Pengantar.
6.
Langkah berikutnya kita akan memberi index pada
halaman 3. Perhatikan tingkatan level dibawah ini.
Berilah Add
Text pada masing-masing judul dan sub judul pada halaman 3 tersebut dengan
Level sesuai dengan ketentuan pada gambar.
7.
Langkah berikutnya kita akan memberi index pada
halaman 4. Perhatikan tingkatan level dibawah ini.
Berilah Add
Text pada masing-masing judul dan sub judul pada halaman 4 tersebut dengan
Level sesuai dengan ketentuan pada gambar.
8.
Jika telah selesai, untuk melihat hasilnya
silahkan kembali ke halaman 1 Daftar Isi.
Pada halaman tersebut klik Table Of
Contents -> Automatic Table 1
9.
Taraaaaaa….. ini hasilnya.
10.
Nah bagaimana jika seandainya :
-
Kita menambahkan materi pada tiap-tiap halaman
yang merubah nomor halaman sementara daftar isi sudah kita buat
-
Kita ingin menambahkan sub judul baru pada
halaman 4
Untuk menjawab pertanyaan itu kita dapat menggunakan
fitur Update Table pada Daftar Isi
tersebut. Jika kita klik Update Table
maka akan ada 2 opsi yang tersedia.
Opsi pertama kita gunakan jika kita ingin mengupdate
nomor halaman saja pada masing-masing index. Sedangkan opsi kedua kita gunakan
jika kita ingin merubah seluruh konten table. Nah, untuk opsi kedua akan kita
coba lakukan pada langkah ke 11.
11.
Tambahlah sub judul pada halaman 4 sesuai gambar
dibawah ini.
12. Add Text kalimat Manfaat Sistem
Informasi dengan Level 3 jika belum
terindex. Namun, biasanya jika
sebelumnya sub judul sudah terindex maka turunan sub judul selanjutnya akan
otomatis terindex.
13. Kemudian
kembali lagi pada halaman Daftar Isi lakukan Update Table dengan memilih opsi Update Entire Table.
Taraaaa… ini hasil updatenya
Mudah bukan…..???
0 comments:
Post a Comment