Friday 14 October 2016

MEMBERI NOMOR HALAMAN PADA MS. WORD

MEMBERI NOMOR HALAMAN PADA MS. WORD

Selamat siang sahabat Meldiya, kali ini saya akan berbagi tips untuk memberi nomor halaman pada MS. Word. Biasanya teman-teman yang lagi nyelesaikan skripsi agak kewalahan memberi nomor halaman terutama jika format antar halaman berbeda. Pengalaman saya sebagai alumni UNP untuk awal BAB baik BAB I, II, III dan seterusnya nomor halaman terletak dibawah halaman dengan posisi center, sedangkan untuk halaman selanjutnya posisi nomor halaman diatas dengan posisi right/kanan. Ini penampakannya guyyysss.



Ok, g pake lama langsung aja kita praktekkan sama-sama.
1) Pastikan MS. Word udah keinstall dilaptop teman-teman semua, hihihi
2) Buka dokumen yang mau dikasih nomor halaman yahhh, dokumen kosong juga g apa sebagai praktek awal. Saya pake dokumen kosong ajalah ya..
3) Pada halaman pertama klik Insert -> Page Number -> Bottom Of Page -> Plain Number 2
Plain Number 2 itu posisi nomornya nanti center alias ditengah halaman ya. Kalo sudah OK gini penampakannya.

4) Kita lanjut halaman ke dua, dihalaman ini kita akan menambahkan nomor halaman lanjutan, hanya saja posisinya berubah. Nomor halaman kita letakkan diatas (Header) dengan posisi Right (kanan). Untuk menambah halaman cara cepatnya teman semua bisa tekan tombol Ctrl + Enter.
5) Ok, pada halaman kedua biasanya akan tampil nomor halaman lanjutan dibawah mengikuti halaman pertama tadi, kalau teman-teman langsung hapus tu nomor maka nomor halaman pada halaman pertama akan otomatis hilang. Jadi solusinya begini.
6) Double klik di pojok kanan/kiri bawah/atas dokumen sehingga footer dan headernya bisa kita edit. Posisi kan kursor pada halaman dua ya.

7) Double klik pada ruler sehingga tampil menu pop up berikut.

8) Pada bagian Apply To ubah option menjadi This Point Forward lalu klik OK. Maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Perhatikanlah halaman pertama dan halaman kedua memiliki section yang berbeda. Artinya kedua halaman sudah dapat kita beri pengaturan halaman yang berbeda namun sebelumnya ada beberapa pengaturan yang harus kita ubah. Sebelum selesai pengaturan ini jangan coba-coba menghapus nomor halaman ya guyyss
9) Same as Previous artinya pengaturan halaman kita mengikuti halaman sebelumnya, untuk menghilangkannya agar dapat kita ganti pengaturannya cukup non aktifkan dengan cara klik Link to Previous yang sedang aktif pada menu navigasi.  Baik pada header maupun footer silahkan non aktifkan Link to Previous nya yaa...

10) Jika sudah selesai maka Same as Previous akan hilang. Dan anda dapat menghapus nomor halaman pada halaman ke dua dan tidak akan berpengaruh pada halaman pertama.
11) Posisikan kursor pada header halaman kedua, karena kita akan menambahkan nomor halaman diatas dengan posisi kanan. Seperti gambar dibawah.
12) Kemudian pilih page number -> Top of Page -> Plain Number 3

13) Ok, selesai.
14) Biasanya akan timbul pertanyaan selanjutnya “trus kalo halaman kesekian mau dibuat nomor halamannya dibawah lagi gimana?”
15) Nah, g perlu pusing man teman, caranya sama aja. Ulangi langkah 6 sampai langkah 12 pada halaman kesekian man teman tadi... hihihi
16) Selamat belajar.. ^_^ silahkan komen kalo kebingungan. Semoga tidak ya...

0 comments:

Post a Comment