Saturday 15 October 2016

Makalah Permasalahan Pendidikan Di Indonesia

Pendidikan menduduki posisi sentral dalam semua bidang pembangunan karena sasarannya adalah peningkatan kualiatas sumber daya manusia. Peningkatan sumber daya manusia ini disesuaikan dengan kebutuhan pada masa (periode) tertentu dan sangat ditentukan oleh inovasi pendidikan yang relevan. Jika pendidikan tidak mengikuti perubahan yang terjadi pada masanya, maka pendidikan akan selalu ketinggalan zaman. Oleh sebab itu pendidikan harus selalu diperbaharui ataupun dilakukan inovasi terhadap sistem pendidikan itu sendiri.


Sungguhpun inovasi telah dilakukan pada berbagai aspek pendidikan di Indonesia namun pada realitanya kualitas pendidikan masih belum menunjukkan hasil yang maksimal. Mengapa hal itu terjadi? Banyak faktor yang dapat menjadi penyebabnya disamping faktor multikultur dan luasnya wilayah Indonesia yang harus dikelola oleh pemerintah. Hal ini dapat dilihat dari pemerataan pendidikan yang belum seimbang di seluruh penjuru negeri yang mengakibatkan masih adanya anak usia sekolah yang tidak mengenyam bangku sekolah. Masih banyak permasalahan pendidikan lain yang harus segera dicarikan solusinya sehingga kualitas pendidikan Indonesia dapat mencapai taraf unggul. Permasalahan pendidikan seyogyanya menjadi permasalahan publik yang harus bahu membahu dalam mengatasinya, baik dari masyarakat, pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis akan menjabarkan permasalahan pendidikan secara rinci, faktor yang mempengaruhi permasalahan pendidikan itu timbul serta solusi yang mungkin dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca disini ya..


This entry was posted in

0 comments:

Post a Comment