Monday 26 March 2018

Komunikasi Dalam Jaringan

Komunikasi Dalam Jaringan
A.      MATERI
Istilah komunikasi dalam jaringan terutama pada mata pelajaran simulasi digital atau biasa disingkat komunikasi daring dimaksud dengan komunikasi yang menggunakan teknologi digital dengan sarana Internet. Sebenarnya jauh sebelum era digital, komunikasi daring telah ada, yakni ketika Alexander Graham Bell seorang imigran Amerika asal Skotlandia, mematenkan perangkat telepon. Komunikasi daring ini telah dimulai meskipun menggunakan teknologi analog.
Komunikasi daring yang menggunakan internet dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, diluncurkan pada tahun 1969, yang kemudian berkembang menjadi internet. Internet berasal dari kata interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet. Munculnya world wide web (WWW) pada tahun 1990-an membuka ruang komunikasi daring yang lebih luas kepada pengguna internet.
Tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (misalnya Whatsapp, Line, Google Hangouts), e-mail (surat elektronik- surel) Facebook, dan Twitter memudahkan pengguna internet dalam berkomunikasi antar satu pengguna dengan pengguna lainnya tanpa mengenal jarak dan waktu.
1)      Jenis Komunikasi Daring
Terdapat dua jenis komunikasi daring, yaitu :
a)      Komunikasi Daring Sinkron (Serempak)
Komunikasi daring sinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat seperti komputer, smartphone, dan sejenisnya yang terkoneksi dengan internet sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time). Contohnya Text chat, Video chat dan Video Conference
b)      Komunikasi Daring Asinkron (Tak Serempak)
Komunikasi daring tak serempak adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

2)      Komponen Pendukung Komunikasi Daring
Komponen-komponen tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian sebagai berikut.
a)      Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras yang dibutuhkan untuk melaksanakan komunikasi daring diantaranya komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung lainnya.
b)      Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak diperlukan sebagai jembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware). Adapun perangkat lunak yang biasa digunakan dalam pelaksanaan komunikasi daring antara lain: Skype, Google Hangouts, web conference, dan sejenisnya.
c)       Daya Nalar atau Akal (Brainware)
Yang dimaksud dalam komponen ini adalah mereka (manusia) yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.
d)      Tata krama dalam komunikasi daring
Seseorang yang melakukan komunikasi daring hendaknya mematuhi aturan serta tata krama yang berlaku sehingga tidak terjadi pelanggaran berbasis elektronik. Pelanggan dalam bidang elektronik termasuk internet akan dikenakan sanksi sesuai peraturan undang-undang ITE yang berlaku.

Beberapa tata krama dalam komunikasi sinkron, khususnya video conference, antara lain sebagai berikut.
·         Periksa peralatan yang akan digunakan.
·         Hadirlah tepat waktu sesuai kesepakatan.
·    Dalam video conference, akan diminta untuk memasukkan nama pengguna. Gunakanlah nama asli, instansi/sekolah, dan lokasi yang benar, misalnya Andreseptian_SMK Maju Padang. Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa lawan bicaranya..
·    Jika menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara di sekitar yang mengganggu jalannya komunikasi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon jika sedang tidak digunakan.
·      Walaupun tidak bertatap muka dengan peserta lainnya, tetap gunakan pakaian yang sesuai dengan acara
B.      LATIHAN
Jawablah Pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
1)      Jelaskan perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam komunikasi daring!
2)      Jelaskan masing-masing 5 software yang digunakan untuk komunikasi daring sinkron dan komunikasi daring asinkron!
3)      Jelaskanlah pemanfaatan komunikasi daring sinkron dalam kehidupan sehari-hari!
4)      Jelaskan perbedaan Text chat, Video Chat, Video Call dan Video Conference!
5)      Tulislah langkah-langkah yang digunakan untuk melakukan percakapan text, percakapan berkelompok, panggilan video dan video kelompok dengan Google Hangout!




Sumber : Ebook Bahan Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital Semester 2

0 comments:

Post a Comment