Sunday 15 December 2013

MPLS (Multi Protocol Label Switching)

Multi Protocol Label Switching (MPLS) adalah jaringan (network) yang didefinisikan oleh IETF untuk memadukan mekanisme label swapping di layer dua dengan routing di layer tiga untuk mempercepat pengiriman paket.

Konsep utama MPLS ialah teknik peletakan label dalam setiap paket yang dikirim melalui jaringan ini. MPLS bekerja dengan cara memberi label untuk paket-paket data, untuk menentukan rute dan prioritas pengiriman paket tersebut. Label tersebut akan memuat informasi penting yang berhubungan dengan informasi routing suatu paket, diantaranya berisi tujuan paket serta prioritas paket mana yang harus dikirimkan terlebih dahulu. 

MPLS ini bekerja diantara  layer 3 (Network Layer )  dan layer 2 (Data Link) pada OSI layer atau bisa di sebut layer 2.5.

Pada MPLS ini paket yang sudah di berikan label pada paket data nya tersebut tidak akan diperiksa. Hal ini Karena label tersebut. Atau bisa di analogikan seperti ini,  pada suatu waktu ada rombongan presiden yang datang ke Pekanbaru. Rombongan ini ingin pergi ke Kampus Politeknik Caltex Riau. Maka Rombongan ini akan mendapat label pada kendaraan-kendaraan nya (ex Indonesia 1). Dengan menggunakan label ini maka para rombongan yang di kawal oleh polisi jalan menuju ke PCR. Selama perjalanan ini tidaka aka ada gangguan (macet/lampu lalu lintas/dan lain-lain). Seolah-olah  para rombongan ini mempunyai jalan sendiri. Dan ketika rombongan ini memasuki pintu masuk PCR pun tidak akan di periksa dengan kata lain lansung dilewatkan. Dan jika ada kendaraan lain yang coba ikut aatu mengekor rombongan ini , maka akan langsung ketahuan dan langsung di keluarkan dari jalur tersebut.

Fitur dan Keuntungan MPLS :
1. Fully Meshed
2. Fully Scalable
3. Class of Service
4. Quality of service
5. Private
6. Equipment Monitoring, Maintenance and Management
7. Economies of Scale
8. Network Sharing, Backup and Security

Sumber :
tonybrando.wordpress.com/2013/06/28/it-network-trend-mpls-and-bgp/

0 comments:

Post a Comment